Sabtu, 30 Maret 2019

Makna Belajar

Anak: "Emang abla gak capek apa belajar terus?"
Aku: "Gak Ada belajar yang gak capek sayang."
Anak: "Terus kenapa abla belajar terus?"
Aku: "Karena Allah menilai proses kita, bukan hasil akhir. Allah melihat seberapa tangguh Dan ikhlas Kita belajar. Allah gak akan Tanya berapa nilai Kita atau berapa banyak penghargaan yg Kita peroleh tapi Allah akan lihat, ikhlas gak Kita? Jujur gak Kita? Benar gak Kita prosesnya."
Anak: "Oh gitu. Iya juga ya Abla..."

Begitulah mengobrol dengan anak-anak selalu membuka cakrawala pemikiranku. Selalu ada saja hal yang mereka tanyakan, kenapa A, kenapa B, kenapa gak C. Anak-anak membutuhkan jawaban dari setiap pertanyaannya, meski sederhana tapi sebenarnya dari sanalah mereka belajar. Pernah suatu waktu dalam diskusi panjang bersama temanku kita membahas kenapa ada letusan gunung berapi. Dilain hari ternyata anak-anak menanyakan padaku proses gunung berapi. Bersama kalian menginspirasi abla, untuk belajar banyak hal, berbagi banyak hal dan saling mengisi satu sama lain.

"Ya Allah, anak-anak semua disini, Engkau percayakan kepadaku. Terkadang ada masa aku merasa begitu kesulitan membimbing mereka, maka bantu hamba Ya Allah... hamba tau hamba banyak kekurangan,  hamba minta agar kekurangan hamba tidak menjadi buruk juga bagi mereka... bantu hamba untuk mengenalkan nama-Mu di hati mereka ya Allah... karena sesungguhnya Engkaulah sang pemilik hati"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar